PLEASE CLICK THE IMAGES

SF2017

batas 

560 x 480 Banner

batas 

INDIA

batas 

JAPAN

batas Profile usu
                 

USU Tandatangani MoU Dengan Chungbuk National University (CBNU) Korea

MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Chungbuk National University (CBNU) Korea, sebagai kesepakatan untuk melakukan kerjasama dalam beberapa bidang, khususnya pertukaran mahasiswa, beasiswa ke Korea dan penelitian bersama. Hal tersebut dilakukan oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung, SH, MH, disaksikan tim dari Chungbuk National University yang terdiri dari Dr Seung-Man Kang, Dean of The Office International, Mr Haesuk Won, Director of The Korean Language Centre dan Yoanna Cho, Director International Relation Chungbuk University, bertempat di Ruang Rapat Rektor USU, Biro Pusat Administrasi (BPA) USU, Rabu (21/2).

Chungbuk 3Penandatanganan MoU juga secepatnya akan mewujudkan rencana pembukaan Korea Language Centre di USU dan memungkinkan adanya beberapa program lain yang akan dirintis oleh kedua universitas. Turut hadir dalam pertemuan itu, Wakil Rektor IV, Prof Dr Ir Bustami Syam, M S M E, Wakil Dekan I FT USU, Prof Dr Ing Ir Johannes Tarigan, Prof (Em) Dr Ing Ir Darwin Sebayang dari Universitas Mercu Buana, Dekan FIB USU,  Dr Drs Budi Agustono, MS, Staf Ahli Wakil Rektor I USU, Dr Rulianda Purnomo Wibowo, SP, M Ec, Head of International Affairs Office (IAO) USU, Dr Esther Sorta Mauli Nababan, M Sc, Secretary of IAO, Dr Ing Pramio Garson Sembiring dan Dianta Ginting dari Universitas Mercu Buana yang merupakan alumni Kyung Hee University.

Dalam sambutannya, Rektor USU menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Chunbuk National University yang juga telah sudi menjalin kerjasama dengan USU. Rektor berharap dengan telah ditandatanganinya MoU antar kedua universitas, akan dapat secepatnya menindaklanjuti seluruh program yang telah direncanakan, sehingga USU dapat semakin baik ke depan dan memiliki perkembangan dalam bidang keilmuan. Terkhusus diharapkan adanya lesatan kemajuan dalam bidang riset, publikasi, komunikasi dan inovasi, yang menjadi fokus bidang dari kerjasama ini. Program pertukaran mahasiswa dijadwalkan berlangsung selama dua bulan bermukim di masing-masing negara.

Chungbuk 4

Chungbuk National University sampai saat ini telah menjalin kerjasama dengan 124 universitas dari 39 negara yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam kesempatan tersebut ditayangkan video profil kedua universitas yang memaparkan berbagai program, visi misi, keunggulan serta fasilitas yang dimiliki.

Mengakhiri pertemuan, Rektor USU menyelempangkan kain tradisional suku batak (ulos) kepada anggota tim dari Chungbuk National University dan saling melakukan pertukaran cenderamata.

Seusai pertemuan, Rektor dan tim mendampingi delegasi Chungbuk National University mengunjungi Pusat Bahasa USU. (Humas)

MEDAN – HUMAS USU : Dua orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, dari Program Studi Manajemen, berangkat ke Austria untuk mengikuti perkuliahan satu semester di FH Joanneum University, sebagai bagian dari program pertukaran mahasiswa antar kedua universitas, Kamis (8/2/2018).

Keberangkatan kedua mahasiswa  tersebut dibiayai sepenuhnya oleh Erasmus +, sebuah yayasan Uni Eropa yang mendukung program pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga.     

STUDENT EXCHANGE

Keberangkatan kedua mahasiswa tersebut sebelumnya telah didahului dengan pelepasan informal oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung, SH, MHum, Wakil Rektor II, Prof Dr dr Fidel Ganis Siregar,  MKed(OG), SpOG(K), Wakil Rektor III, Drs. Mahyuddin KM Nasution, MIT, PhD, Sekretaris Unversitas, Dr dr Farhat, MKed(ORL-HNS), Sp THT-KL(K) dan Sekretaris KUI dan Dr Ing Pramio Garson Sembiring.

Dalam pesannya kepada kedua mahasiswa itu, Rektor mengucapkan selamat jalan dan selamat mengikuti seluruh program dan materi perkuliahan yang ada. Semoga ilmu yang didapatkan nantinya bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun banyak orang.  

FH Joanneum University merupakan salah satu universitas terbesar di Austri yang kampus utamanya berpusat di kota Graz.   Sementara dua kampusnya yang lain berada di kota Kapfenberg dan Bad Gleichenberg, Austria. (Humas)

Medan – Humas USU :  Rektor USU menerima kunjungan persahabatan dari  delegasi The National University of Kaohsiung (NUK) Taiwan yang diwakili oleh Professor Shyue-Liang Wang selaku President of NUK dan Associate Professor I-Hsien Ting, Dean, Office of International Affairs NUK, bertempat di Ruang Pertemuan Rektor USU, Selasa (23/1).

kunjunagnNUK4

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan lebih jauh tentang profil The National University of Kaohsiung (NUK) beserta segala fasilitas yang dimilikinya dan membuka peluang bagi para mahasiswa USU untuk mendapatkan beasiswa serta program belajar lanjutan di universitas tersebut. Dalam kesempatan itu, delegasi  dari NUK juga didampingi oleh perwakilan orangtua yang anak-anaknya melanjutkan pendidikan di NUK.

 

Rektor USU, Prof Dr Runtung, SH, MHum, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan delegasi NUK dan menyambut baik peluang kerjasama di bidang pendidikan yang ditawarkan NUK. Terlebih mengingat pesatnya kemajuan di bidang teknik dan industri yang dicapai oleh negara tersebut, sehingga memungkinkan didapatkannya ilmu-ilmu baru serta pengalaman yang semakin meningkatkan kualitas alumni USU. Hal itu juga kelak dapat diaplikasikan di tengah masyarakat dan berkontribusi dalam pembangunan.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Rektor I USU, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, Wakil Rektor IV USU, Prof Dr Ir Bustami Syam, M.S.M.E, Sekretaris Universitas, Dr dr Farhat, Mked (ORL-HNS), Sp THT-KL(K), Head of International Affairs Office (IAO) USU, Dr Esther Sorta Mauli Nababan, M Sc, Secretary of IAO, Dr Ing Pramio Garson Sembiring, serta Kepala Biro Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat, Ir Yedi Suhaidi, MSi.

Menutup pertemuan, kedua belah pihak saling bertukar cenderamata. Dalam kesempatan itu, Rektor juga turut melekatkan kain tradisional khas Karo (uis) kepada President of NUK,    Professor Shyue-Liang Wang. (Humas)

Medan-USU, International Affairs Office have held the very first Disemination for International Affairs on 19 January 2018. This dissemination was take place at Faculty of  Cultural Sciences and been welcomed by Dr. Budi Agustono, MS as the Dean of Faculty of Cultural Sciences.

Sosialisasi Kantor Urusan International ke FIB USU

This dissemination is intended to be a sharing forum for all the lecturers and staff since there are many of us who need those kind of information like how to bid a grant, how to get a research partner or research grant, how to make a cooperation with overseas university, how to bring foreign students and increase the university accreditation and many things that related to internationalization.

At this moment, International Affairs Office in cooperation with Faculty of Cultural Sciences of USU have been successfuly held the dissemination with Dr. Esther Nababan, the Head of International Affairs Office as the source person. This dissemination attended by almost the entire of the lecturers of Faculty of Cultural Sciences.

beasiswa sarjana unggul

 

INDONESIA MENCARI DOKTOR
Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi membuka peluang bagi para sarjana unggul Ibu Pertiwi untuk bersumbangsih pada pembangunan manusia Indonesia khususnya di sektor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan menyediakan peluang beasiswa fast track menjadi doktor (S3) dalam waktu 4 tahun (1 tahun magister, 3 tahun doktor) di 11 kampus terbaik dalam negeri. Beasiswa bernama PMDSU (Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) mempertemukan para sarja unggul dengan para promotor yaitu akademisi dalam negeri yang memiliki reputasi keilmuan internasional.

 

Info lanjut klik Disini

Page 1 of 3